Monday, February 04, 2008

Menambah Tampilan Add-element

Dalam beberapa template seperti minima, ada batasan jumlah widget yang bisa kita tampilkan, kita mau menambah shoutmix, blogrool, feed atau lainnya, sementara jatah widget sudah habis. Sementara dalam beberapa template lainnya, tak semua bagian, hanya sidebar, yang bisa diberi addalement, sedangkan bagian post, tidak ada addelemen, atau tidak bisa ditambah widget.

Untuk yang pertama, kita bisa merubahnya, yaitu dengan menambah jumlah pada max-widget="(isi dengan jumlah yang diinginkan)". Saya baru mencoba pada template minima, menbubah max-widget dari 8 menjadi 10. Belum tahy apakah tidak terbatas atau dibatasi. Cara lain, mungkin juga bisa (silakan mencoba), hapus properties max-widget, jadi perintah untuk membatasi jumlah widget dihilangkan.

Sedangkan untuk menambah addelemen, seperti pada template ini, rounded, awalnya pada bagian post tidak bisa ditambah widget. Supaya bisa, lakukan hal berikut: hapus properties: showaddelement='no', ganti dengan yes. atau hapus saja.

Demikian, silakan mencoba sendiri. Akhirnya, penambahan elemen tidak hanya pada sidebar, tapi juga bisa pada header, footer, dan post.

9 comments:

Anonymous said...

Wah terus terang blog ini sangat teratur dan kesannya rapi. Sebenarnya aku ini blogku seteratur ini, tapi gimana ya? Aku lihat yang paling sulit bagi aku adalah bagaimana mengatur tampilan di sidebar. Kalau aku mau nambah sesuatu, biasanya pasti menumpuk. Contohnya nambah link, letaknya menumpuk. Gimana caranya supaya rapi? Bisa liat deh aku punya, ampun mungkin bisa masuk katagori amburadul, dul.

meds said...

untuk nur wadik, blog anda sudah pake default harusnya rapi dong. untuk link di bawah, footer, mungkin tidak ada pengaturan untuk ul dan li, sehingga pengaturannya default yaitu ke bawah dan sesuai rata body: center.

biar bisa rapi, harus ada pengaturan sendiri untuk masing-masing elemen: misalnya link dengan mengatur properties misal: .sidebar ul , dan .sidebar ul li. Lalu untuk paragrap dengan .sidebar p. judul sidebar dengan .sidebar h2

pengaturan meliputi perataan (text-align) color, font-size, jenis font. dan lain-lain.

memang perlu sedikit belajar css dan html.

kangbeyes said...

kang saya sudah upload template wide green dan sudah has been saved tapi diblog kok masih pakai template lama belum ganti.

meds said...

u the beyez.

Iya saya lihat sudah pakai template wide green, tapi kok permalink nya archive. coba masuk ke page elemen, masukkan di main sidebar blog post.

blogroll dan lain-lain di sidebar kanan atau bawah.

Arif Budi Setyawan said...

Bingung nih cara mencari design blog yang menaring gmn?

Anonymous said...

u mas arif, untuk blog yang menarik, indah, tentu sangat relatif, tergantung selera masing-masing. Ada banyak pilihan template, silakan cari di internet dengan kata kunci "blog template".

CITRA BUANA AGUNG said...

saya dari blogspot gimana cara menambah pengikut gimana tinggal blog di www.mitracba@blogspot

H-beeb said...

wah tips OK banget, belajar modifikasi template ah. thanks bos tipznya

mengembalikan jati diri bangsa said...

sejak dulu saya ingin belajar ngoprek blogspot, kayaknay aini jadi blog bersandar baru untuk oprek blogspot saya, tutorialnya menarik