Wednesday, February 06, 2008

Membuat Tulisan Berjalan

Ingin blog anda kelihatan semarak, dengan tulisan berjalan. Membuat tulisan berjalan, atau "running text" sangat mudah. Tulisan berjalan menggunakan dungsi dasar html yaitu marquee. Text berjalan biasanya berisi moto blog atau website, ucapan selamat datang, atau ajakan. Bisa juga berita terbaru. Seperti di televisi.

Tappi kali ini saya akan menunjukkan cara membuat tulisan berjalan atau "running text' yang manual saja. jadi kalau mau mengganti tulisan anda harus masuk ke halaman administrator di blogger dan mengupdate templatenya.

Fungsi dasar text berjalan adalah text html marquee, bagaimana cara membuatnya? Buatlah elemen div di bawah header (nama elemennya biasanya header-wrapper, atau terserah di mana yang penting cukup lebar. buatlah script berikut:

<marquee>
---inilah contoh cara membuat tulisan berjalan atau running text----
</marquee>


untuk memberi warna, tambahkan elemen marquee di style, atau b:skin, beri properties misalnya: color, font-size, background-color, dll.

Selesai. Selamat mencoba.

6 comments:

Anonymous said...

wah bro, thanks yah buat infonya, kebetulan aku uda implementasiin di blog pribadi ku http://antiteori.blogspot.com, jangan segan2 mampit yah :)

meds said...

ini fungsi yang paling dasar dari teks berjalan. aku sudah visit, tapi kok gak ada ya?

Anonymous said...

cmiiw bukannya fitur ini dah deprecated ya..tp masi backward compatible oleh peramban

meds said...

terimakasih koreksinya mas dani. kayaknya benar, mohon maaf tidak mengupdate pengetahuan. versi yang baru pakai apa mas dani?

aulia said...

thanks banget ya..
langsung gua pake ni

Anonymous said...

thanks banget ya mas