Tuesday, November 20, 2007

SEO, Apa ya?

bicara mengenai Blog, Website, tak bisa lepas dari SEO, Search Engine Optimization. Sebuah kata asing, saya baru tahu beberapa bulan ini, tapi pembicaraan mengeni itu sudah sedemikian dahsyatnya. Coba cari di search engine gooogle dengan kata kunci SEO, jutaan hasil pencarian akan ditemukan.

Sedemikian dahsyat efek dari mantar ini, banyak kursus SEO dilakukan, tutorial SEO, dari yang menjanjikan posisi puncak dengan garansi, dengan bayaran sampai jutaan rupiah untuk optimasi, ada juga yang gratis.

Internet memang dunia tanpa sekat, di antara sekian ilmu yang katanya rahasia, seperti ilmu seo ini, ada yang dengan menulis dengan teliti, bermutu, tapi gratis. memang seharusnya gratis, karena tidak ad yang luar biasa dengan seo, kalaupun canggih caranya juga tidak ada jaminan bisa menempatkan di urutan pertama SERP google.

Memang mengetahui SEO itu penting, apalagi bagi internet marketer, tentu ingin bog atau websitenya cepat di kenal, salah satu cara paling murah adalah dengan opttimasi search engine, tak perlu beriklan, cukup duduk di depan komputer, utak-atik, riset keyword, posting, coba di search.

Jadi kalau ada yang bilang SEO secret, paling isinya biasa saja, kita akan dengan mudah mencari di SE, dari banyak sumber, kumpulkan dan lakukan. SEO secret, seo advanced, semua hanya cara, isi lebih penting, ada orang yang bilang content is the king, saya sepakat. Kalaupun bisa menepatkan di posisi 1 SERP kalau isinya tak bermanfaat, orang hanya akan heran, bagaimana dia bisa menempatkan di posisi satu, itu saja, lalu meninggalkannya. Lama-lama, posisi juga akan turun.

jadi SEO penting, tapi tak usah terlalu pusing dengan "kesaktiannya', sederhana, cari di google trend untuk analisa keyword, lihat pesaing, pilih kata kunci yang di sukai, buat postingan yang beisi kata kunci. Posting, sebarkan. Kemudian lihat di SE, dimana posisinya.

Tak ada rahasia luar biasa, saya tak pernah optimasi terlalu rumit, lihat hasil pencarian di google indonesia untuk kata kunci tutorial ASP, atau tutorial css, apa hasilnya? Mau belajar SEO, sepertinya cukup baca-baca, tak perlu kursus, baca ini juga sudah cukup. begitu....


2 comments:

Anonymous said...

makasih mas.., sampe pusing gw bacanya... heheh...

Anonymous said...

btw, teknik seo yg digunakan di blog ini apa yah,... ?