Wednesday, August 06, 2008

Komentar untuk Semua

Komentar memegang peranan penting dalam promosi blog, kita peru untuk berkomentar di blog orang lain, blog kita akan dikenal. Kita juga perlu mengundang orang lain untuk berkomentar. Kemudahan dalam berkomentar menjadi pertimbangan calon komentator. Apakah harus terdaftar, apakah harus membuka halaman baru, pakah harus mengisi kode verifikasi.

Tentu setiap blogger mempunyai alasan sendiri-sendiri dalam memberi hak akses blogger lain untuk berkomentar. Mari kita lihat satu-satu. Kita akan membahas settingan blogger, pada bagian layout:komentar/comment ada beberapa pilihan bagi blogger untuk memberi atau tidak memberi akses blogger lain memberi komentar.

1. Anonymous. Bila ini di check maka akan mengijinkan komentar anonymous, komentar tanpa identitas. Keuntungan, kita tak usah terdaftar untuk memberikomentar. Tidak harus punya acount blogger, termasuk pemilik blog, kalau sekedar membalas komentar tak harus login dulu. kekurangannya, bisa saja dimanfaatkan orang untuk membuat komentar negatif tanpa nama. Juga bisa digunakan untuk memakai nama orang dan url orang.

2. registered user - include open ID: hanya mengijinkan komentar untuk blogger yang terdaftar, artinya mensyaratkan login ke bloggger. Open ID, memberi ijin berkomentar pengguna openID seperti wordpress, typepad, yang terdaftar. keuntungannya, semua komentar yang masuk akan mencatat sumbernya, id komentator.

3. Users with Google Accounts, memberi hak berkomentar kepada semua milik google accounts (blogger, gmail, adsense (?)).

4. Only member of this blog: hanya mengijinkan komentar pada member blog, biasanya blog komunitas yang mempunyai banyak member. Ini hanya efektif untuk blog komuntas yang besar, yang ekslusif.

Kalau saya pilih komentar anonymous, mengijinkan semua pengunjung entah memnpunyai account bloger atau tidak untuk berkomentar.

Kalau anda khawatir aksi spamming, tinggal mengaktifkan word verivication (Captcha), caranya? Pada "show word verification for comments, chcehk "yes", sehingga setiap komentar yang masuk harus memasukkan kode secara manual, menghindari penggunaa software untuk berkomentar.

Mana yang anda pilih?

2 comments:

zee said...

Klo sy pilih ya siapa aja bisa kasih komen, dgn word verification.

kipas said...

saya juga kasih opsi bagi yang anonym... asal ada captcha nya... Biar memudah kan orang komentar.
Soal ada beberapa blogger yang mengeset harus login ke blogger untuk koment :(