Thursday, November 29, 2007

Ini contoh SEO Bagi Pemula

SEO tidak sulit kok, asal tahu caranya. Belajar SEO juga tidak harus melibatkan pakar dan biaya tinggi. Cukup baca-baca, banyak referensi tersebar di internet. Yang bahasa inggrisnya bagus akan dengan mudah menyerapnya.

Tapi namanya juga trick, tidak ada jaminan 100%. Misalnya blog atau website anda membahas komputer, pertama pilih keyword, misalnya: Jual beli Komputer, Tempat Belajar Komputer, Computer Resourcess. Atau kalau blognya mengenai template, free template, free blogger template, template cantik, free wordpress template, beta template, dan lain-lain.

Kemudian berusahalah masukkan keyword anda dalam setiap bagian, sebisa mungkin. Dalam judul halaman, meta description, Judul postingan, isi. Masukkan keyword se anatural mungkin, mencampur dalam kalimat. Jangan terlihat seolah-olah banjir keyowrd, bisa di black list. Lihat hasilnya di google untuk kata kunci yang di pilih. Kalau belum memuaskan, coba lagi dengan kombinasi kata kunci yang lain.

Coba-coba ya, belajar SEO bagi pemula, tak sulit kok. Yang penting terus mencoba. Dan coba test di google dengan kata kunci "seo untuk pemula", kalau posisi di SERP bagus, berarti percobaan berhasil, kalau belum, terus mencoba. Yang jelas, semakin besar peminat kata kunci, semakin sulit berada di posisi pertama. Makanya, tak ada jaminan SEO menempatkan pada posisi puncak, itu hanya cara, banyak sekali faktor pendudukung lainnya. Apa faktor pendudukung seo itu? Update postingan, keteraturan, original content, juga kepopuleran blog atau situs kita.

Belajar seo lagi? OK.
Posisi sementara: no 1 SERP Google, dari 500 ribuan. dengan kata kunci "seo untuk Pemula".

31 comments:

Junjung Purba said...

nah itu dia masalahnya, semakin besar peminat keyowrd, semakin sulit berada di posisi pertama. Sampai sekarang saya masih gagal, hehe....

Anonymous said...

Yups.. sepakat, asal mau berusaha dan mencoba. Oh, ya dalam waktu dekat di blog saya rencananya mo saya kasih review seo gratis. Baik analisa on page dan off pagenya... So tunggu aja..

Bawor said...

wah ni artikel langsung nomer 1 buat keyword seo untuk pemula, bener2 keren, btw update terus bos masalah ginian, gwa paling suka niy hehehe

btw link exchange ma http://padang-wulan.blogspot.com kira2 berkenan ga yak :)

meds said...

U masterseo, terimakasih atas komentarnya. Ditunggu review seonya.

@bawor, untuk link exchange, boleh saja. silakan link blog saya dengan nama belajar blog. saya akan segera link balik.

Anonymous said...

MMm..
Klo nangkring d google mungkin ga terlalu susah ya..

Tapi klo mau nangkring d yahoo itu lho.. :(

Klo google title, meta penting banget kalo yahoo belum nembus2 juga.

Anonymous said...

Mas saya mau tanya ya, kenapa blog saya kadang dapat trafic (wordpress - stats) dengan keyword yang nggak nyambung, misalnya "tips membobol bank". Padahal kalau aku masukkan keyword tersebut di google / yahoo, blog-ku ga kliatan. Terus bagaimana bisa dong orang nyasar ke blog-ku?

meds said...

u oka. dari pengalaman, kemungkinan di halaman blog anda ada tulisan tersebut. pada saat banyak yang mencari keyword tersebut, kebetulan sedang ada pengindexan dari crawler. Tapi ternyata keyword tidak ada relevansinya dengan isi blog anda, jadi di dell.

Paris Van Java said...

@ meds

wah sebelum mas bawor ngelink, saya duluan deh, hehe

saya sudah pasang di 2 tempat, dengan tulisan "medscript belajar blog", harap di-link back ya! =)

1/ lowongankerja87.com >> harap link dgn text "lowongan kerja terbaru"

2/ uangpanas.com >> harap dilink dgn text "lowongan kerja sambilan"

ditunggu banget link balasannya. Makasih =)

Anonymous said...

Ada contohnya ngga ? terutama seo buat blogspot, maklum masih baru :-)

meds said...

u admin dan mas bawor, link sudah saya add.

u investing, untuk blogspot saya hanya menggunakan optimasi judul dan paragraf pertama. hasilnya, bagus juga.

Dikna said...

Mas Meds dah saya link sesuai dengan perintah komandan. Bagi-bagi lagi ya ilmunya. thanks. ps: http://eblogsmart.blogspot.com juga "sangat berkenan" kalo mau dibuatkan linkback-nya (maksudna sangat memohon)duh kasian banget ya.

meds said...

u dikna, thanks sudah link blog saya. dengan senang hati saya link balik.

Anonymous said...

waduh mas... thx!
aku sih emang masih 'ijo' soal SEO !

Anonymous said...

Gak tau saya udah pake SEO belum ya?
tapi di keyword "idemenulis" dan "ide menulis" blog saya di halaman 1.
Suhu, ajari aku SEO..
pliz.

Anonymous said...

u ide menulis, disadari atau tidak itu juga sudah termasuk seo. kembangkan lagi untuk merebut keyword-keyword lain, tapi yang berhubungan dengan tema blog.

Anonymous said...

ini mas sumedi bukan ya...aku arya mas, masih ingat ga? coba kunjungi blog saya dunk http://computerset.co.cc eh bisa di add ga ya mas?

Anonymous said...

Mas Arya? waduh, aku lupa. teman purworejo, jogja, atau jakarta? maaf ya. aku kunjungi blog anda.

Anonymous said...

mas aku pasang link blog ini di www.tjahyonoegroho.blogspot.com. ya....mudah mudahan link ku juga dipasang di blog ini. hehehehe, (ngarep bgt.....)thanks before. btw..blognya bagus mas....

meds said...

U mas Tjahyo, terimakasih telah ngelink blog saya. saya sudah add juga blog anda.

Anonymous said...

SEO bagi pemula memang tidak mudah, kita harus coba-coba terlebih dahulu. Jangan pernah takut untuk mencoba.

Dwiyuniq said...

aku mo tanya, gimana cara agar banner ke bisa masuk ke posting blog, pada blog kita
bingung ni....
tolong ya maklum masih awam...

Anonymous said...

u Dwiyuni, masukkan saja kode banner ke postingan. misalnya pakai tag [a href='url"][img src="source" alt="keterangan gambar" /][/a].

seperti tu kan?

Anonymous said...

ou..jadi gitu ya, soalnya blog saya masih baru, so belajar cari referensi dulu.....thanks infonya

free ringtones said...

okey jg juga bwt tips2 yang diatas....mohon bantuannya cos lg belajar nie...

Investasi said...

Ngebahasnya jelas dan jadi ringan gitu pikiran .. tapi memang seo gak usah pusing2. Gak usah yang rumit2 .. beberapa keyword saya yang tidak dioptimasi juga bisa di jajaran atas google. Padahal boleh dibilang tidak melakukan usaha SEO, hanya berusaha membuat konten dan title yg baik.

@ BJ Koch

ariwahju blog said...

thx.tulisannya bermanfaat.sesuai yg saya lakukan, semua masukan boleh di coba tetapi pertama kali harus kuasai web atau blog sendiri sesuai ciri2nya. kesimpulannya kenali dulu milik kita sehingga tidak sulit mengamati setiap perubahan.gitu info dari saya. pada main yuk ke tempatku.thx.

Adib said...

Terima kasih dan saya akan coba, jika berhasil saya tidak lupa akan blog ini dan akan saya masukkan dalam blogroll saya

Ary Santosa Yudha said...

thanks ya, saya lagi belajar nih :)

job said...
This comment has been removed by a blog administrator.
agungfebri said...

Terimakasih atas infoemasinya Bang.....

rumahminimalis said...

cara naikin PR gmana gan? kalo cari backlink untuk website sama ga dgn cari backlink untuk blog