Sunday, June 22, 2008

SEO untuk Blogspot

SEO, Search engine optimization, adalah trick untuk mendapatkan posisi bagus di mesin pencari. Apa pentingnya? Tentu mendapatkan posisi bagus halaman mesinpencari adalah tujuan banyak pemilik website/ blog. Istilahnya posisi di SERP (search engine result page) terutama google.

Memang ada banyak cara untuk memasarkan blog kita agar terkenal. Mengiklankan diri di google adwords, melakukan pertukaran link atau link exchange, memasang link berbayar di beberapa situs luar negeri. Yang paling murah, tapi juga perlu tahu ilmunya, dengan Ilmu SEO.

Blogspot, sebagai layanan gratis memang punya beberapa kelemahan, wajar gratis, tak mungkin mereka menyerahkan semua urusan kepada user. Ingat, dalam dunia internet ada istilah, jangan percaya pada user. Anggap saja semua user itu jahat, tukang deface, spammer, dll. Batasan-batasan itu dimaksudkan agar penggunaaan blog masih seirama dengan tujuan mereka, tentu saja bisnis.

Lalu apa yang bisa dilakukan optimasi blogspot? Optimasi keywords. Elemen-elemen optimasi keywords yang bagus adalah: title page, meta description, meta keywords, isi postingan, footer. Blogspot sudah mendukung title page berbeda untuk tiap halaman. Jadi masukkan di sini. Kalau membuat judul halaman, usahakan selalu memasukkan keyword yang mau dioptimasi. Dalam hal ini, susunan bahasa bisa nomor dua. Misal mau mengoptimasi kata kunci kursus blog, buatlah artikel dengan judul, "Kursus blog, Murah dan Mudah", atau Kursus Blog berhadiah HP", dll.

Optimasi meta description, Blogspot tidak bisa dipasangi meta yang dinamis, menyesuaikan postingan. Jadi kita tak bisa, dan tak akan efektif, kalau harus pusing dengan meta description. Hanya pada halaman utama, ada description, tapi untuk halaman detail tidak ada. Optimasi meta keywords. Blogspot juga tidak mendukung meta keywords. Memang meta ini sudah tidak digunakan sebagai pertimbangan oleh google, namun kalau memang mendukung perlu juga dicantumkan.

Optimasi isi. Isi boleh singkat, hanya beberapa paragraf, tapi sebarkan kata kunci di tiap paragrap. Gunakan poin-poin, berupaclist untuk menyisipkan kata kunci.

Terakhir, footer. Fotter juga bagian yang penting. Dari pengalaman saya, beberaa blog sering teindex justru dari footer. Ini biasanya berisi keterangan atau tema blog misalbnya, belajar blog by sumedi.

Apa bedanya dengan SEO untuk website? Sama. Karena SEO itu itu ilmu umum. Mengapa judulnya SEO untuk blogspot? Itu juga optimasi kaya kunci.

14 comments:

Anonymous said...

Pemilihan judul memang penting buat SEO.

meds said...

setuju mas. Tapi ingat, seo bukan ilmu sakti, jadi yang paling penting adalah isi yang baik.

Anonymous said...

artikel anda ada di:

http://seo.infogue.com/
http://seo.infogue.com/seo_untuk_blogspot


anda bisa promosikan artikel anda di infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

SUPER DUPER said...

Judul Emang Pengaruh Bangetz..

Thx Mampir Ke blog gw dunc

http://superduperdownload.blogspot.com
http://idea-for-mobile.blogspot.com

Anonymous said...

keren :D

Anonymous said...

woiihh..keren neh postingannya...ajari saya juga ya..:D

Anonymous said...

u supris, wah anda merendah, blog anda posisi di atas blog ini untuk kata kunci "seo untuk blogspot", berarti anda lebih jago.

Anonymous said...

hhmm..makasih supportnya kang...saya sih baru aja belajar ngeblog...newbie gitu lho...saling bantu ya,,...sukses selalu!!!

Anonymous said...

jujur saja,saya masih kurang mengerti dengan yang di sebut dengan meta,entah itu meta keywords maupun meta description

Download MP3 Indonesia said...

artikelnya sangat membantu bgt, alamat blog juga perlu ya kliatannya.., sama judul blog!!

Lowongan Kerja CPNS said...

dalam hal SEO blogspot memng agak sulit bersaing di google, tapi dari segi kemudahan dan praktis, blogspot selalu unggul, hehe. Thanks atas sharing nya, good job!

Japung said...

aqu pendatang baru di dunia blogger (bru 5 bulan), apakah blog aqu SEO nya sudah optimal??, mohon pencerahannya,.. trims..

digital marketing agency Toronto said...


We are a leading digital marketing company in Toronto. Our services include SEO, SMO, Google ads, Facebook ads.

digital marketing agency Brampton said...


We are a leading digital marketing company in Brampton. Our services include SEO, SMO, Google ads, Facebook ads.