Monday, August 20, 2007

Tutorial ASP, Instalasi IIS di Komputer Lokal

Wah sibuk banget, jadi tidak banyak waktu untuk menulis, apalagi yang katanya tutorial. Susah, apalagi kalau harus urut dari bab awal sampai akhir. Jadi bagi yang membaca blog ini, kalau ada tulisan yang katanya tutorial tapi tidak urut, ya jangan kaget. Karena saya menulis kalau sempat, kalau tidak malas, kalau otak lagi tidak blank, juga kalau lagi mau.

Tentang ASP, harusnya ini tutorial pertama ya? Installasi Server IIS di Komputer lokal. ASP, seperti juga PHP, adalah bahasa pemrograman type server sript, jadi untuk dimunculkan dilayar (browser), script yang ada diolah dulu di server kemudian diterjemahkan menjadi tampilan yang kita lihat.

Untuk menjalankan ASP bisa diserver internet berbasis windows, untuk yang gratisan anda bisa mencoba di Brinkster, atau beli hosting murah, ada yang setahun 120.00.

Tapi untuk belajar ASP atau pemrograman lain dengan intens, anda perlu instalasi server di komputer lokal IIS (Internet Information Service). Ini merupakan komponent satu paket dengan CD windows XP Pro, atau windows 2003 server, yang terbaru vista, tapi tidak terinstall otomatis, jadi kita harus melakukannya.

Untuk menambah komponen ASP dalam komputer kita, masukkan CD Windows Xp atau server, lalu masuk ke add or remove program. setelah masukm, klik add windows component. ada beberapa pilihan yang harus di klik/ diaktifkan tanda check list (dicentang). kemudian oke.

setelah setelah selesai, buat directori di C:\inetpub\wwwroot\latihan
buat file dengan nama latihan1.asp

isi file

<%
response.write "<h1>Latihan pertama</h1>"
%>

simpan pada directori yang telah ada buat, C:\inetpub\wwwroot\latihan

kemudian coba buka lewat browser, ketikkan di browser kita, internet explorer atau Mozila firefox http://localhost/latihan/latihan1.asp

kalau muncul tulisan

latihan pertama

, berarti instalasi sudah jadi, dan siap digunakan untuk mencoba program-program ASP.

selamat mencoba.
sumedi

2 comments:

Anonymous said...

Kayaknya gapang banget, ntar di coba deh. thanks buat tutornya

Anonymous said...

wah,perlu dicoba nih...