Thursday, August 16, 2007

Dirgahayu Republik Indonesia, Selamat Hari Kemerdekaan

62 tahun sudah Indonesia merdeka. bebas dari penjajahan negara lain. Kita patut bersyukur. walaupun belum sepenuhnya kita biasa meraih apa yang dicita-citakan para pendiri bangsa, pemerintah belum juga bisa memenuhi amanat UUD 45, tapi kita sudah merdeka. Indonesia Merdeka, berdaulat. Adil dan Makmur? (sabar ya).

Karena merdeka, kita bisa ngeblog, dengan bebas tanpa takut disensor oleh tentara pendudukan. bisa makan dengan santai, tidur dengan neyenyak tanpa suara bom. bisa jalan-jalan dengan. bermain, bersekolah, bekerja.

memang, rati kemerdekaan belumlah dirasakan merata oleh seluruh traklyat indonesia. Masih banyak sudara-saudara kita yang tak punya tempat tinggal, makan yang layak, air bersih, dan pendidikan yang memadai. jangalah membandinghkan dengan singapura yang makmur itu. Minimal kebbutuhan pokok, makan yang seat, rumah yang sehat, air bersih yang sehat, banyak diantara kita yang belum menikmatinya.

kalau kita tengok, diperempatan jalan, lampu merah, anak-anak yang harusnya bermain dan sekolah, sudah menjadi peminta-minta. di kolong jembatan, di pinggir-pinggir sungai, banyak pemukiman kumuh yang, janganlah menggunakan standar perumahan singapura, standar umum juga tidak terpenuhi.

konidis sekolah sd, mi yang katanya 50% rusak dan tak layak digunakan, sudah puluhan tahun tak diperbaiki. itu terjadi di dekat jakarta, ibukota negara Republik Indonesia, yang sumberdaya dan ekonomi jels lebih baik dibanding propinsi lain.

di jakarta barang mewah sudah baisa, mobil mewah, rumah mewah, pakaian mewah, Hp mewah, dan banyak barangh mewah yang lain.

dan standar bukanlah yang mewah, tapi yang layak. itupun masih banyak yang belum memdapatkannya.

itu jakarta, jawa. bagimana dengan papua dipegunungan yang katanya harga semen mencapai 1.5 juta? atau di pulau terluar, pulau Miangas di sebelah utara sulawesi, dekat philipina, yang punyua dua nama. orang philipina menyebutnya la pamas.

memang jangan nmelihat singapura, untuk indonesia, jangan melihat jakarta. lihatlah keadaan suku-suku di papua papua, badui, kubu, dan suku terasing lain, sangat tidak imbang dalam distribusi hasil kemerdekaan.

jakarta punya HP, papua? jangnkan pakaian mewah, masih banyak yang memakai koteka.

yang sedikit sinis ya. tapi itu kenyataannya. merdeka, tapi masih banyak tudag yang harus diselesaikan. menjadi indoensia yang bermartabat, di akui dan disegani. tapi semua harus membereskan yang didalam dulu.

dirgahayu Indonesiaku. Majulah negeriku.
merdeka.

bisa tidur nyenyak.


No comments: