Tuesday, March 04, 2008

Link Yang Efektif

Anda mencari backlink? Link merupakan salah satu faktor penting dalam seo, dalam upaya menaikkan popularitas blog, menaikkan PR, menaikkan posisi di SERP. Dengan link, situs yang belum begitu dikenal bisa mendapatkan bantuan mencari visitor dengan meletakkan link di blog yang sudah populer. Namanya Link Exchange, pertukaran link.

Seberapa efektifkah link dalam menaikkan posisi blog kita di mesin pencari? Di sini s aya mau menekankan, "mesin pencari" (search engine), sangat penting. Dalam pemasaran modern, pemasaran paling efektif adalah pemasaran melalui bantuan mesin pencari, dalam bahasa ingggrisnya search engine optimization (SEO). utak-atik keyword supaya bagus dipencarian.

Memang ada cara lain dalam promosi, yaitu promosi manual: blog walking. Anda tingggal rajin menyambangi banyak blog, kemudian tulis komentar atau buku tamu, nanti ada yang klik. Namun, seberapa kemampuan kita untuk menjelajah begitu banyak blog sehari, mungkin dari pagi sampai sore, waktu habis hanya buat jalan-jalan berkunjung. Bagaimana kalau blog yang harus kita pasarkan banyak, misalnya 10 buah? Repot khan.

Cara lain, tinggalkan pesan pada komentar: berkomentarlah. Anda akan lebih dihargai, baik oleh pemilik blog atau oleh internet. Apalagi, kalau blog tersebut merelakan menghapus rel nofollow dari komentar, seperti blog ini. Makanya, berkomentarlah di sini.

Dan, kata kuncinya adalah mesin pencari. Apa hubungannya sama link exchange. Bisa berhubungan bisa tidak. Maka saya tulis link yang efektif.

Promosi dengan "tukeran link" tidak harus melibatkan ratusan link dalam satu halaman. Lagu pula, blog anda tidak akan kelihatan kalau berada dalam halaman dengan seribu link misalnya.

Jadi, lakukanlah link exchange secara wajar. Kalau bisa lakukan dengan blog yang mempunyai tema sama. Lebih baik lagi mempunyai link dengan blog yang tidak mempunyai rel nofollow dalam properties backlink-nya. Keuntungannya, selain mendapatkan kemungkinan klik, juga mendapatkan jatah di crawl oleh spider web (mesin pencari). Link dengan properties nofollow tidak akan dianggap sebagai link.

Apakah tidak ada gunanya melink dengan blog nofollow (default blogger, wordpress) ? Ada. Keuntungannya, mendapat kesempatan di klik oleh pengunjung blog bersangkutan. Banyak dilink tidak menaikkan posisi, tapi banyak dilink menaikkan kemungkinan mendapat kunjungan dari banyak situs. Akhirnya akan menaikkan posisi.

Jadi link yang efektif itu bagaimana? Sedikit (sebenarnya bukan) rahasia.

1.mendapatkan link dari blog dengan PR tinggi, tapi yang dofollow
2.mendapatkan link dari situs luar negeri, sehingga catatan referer blog kita beragam
3.berkomentarlah pada blog-blog dari banyak negara, sama dengan nomor dua
4.link exchange boleh. Tapi ingat, bukan banyaknya link yang bertengger yang menentukan popularitas. Tapi apakah link kita terlihat oleh pengunjung dan diklik, itulah yang penting.
5. Lebih baik, melakukan link exchange dengan 20 orang, tapi bagus, daripada dengan 1000 orang, tapi hanya hiasan.

mohon kritikannya.

artikel sejenis.
http://www.cosaaranda.com/in-memoriam-link-exchange.htm

http://fuadpahing.blogspot.com/2008/02/mencari-backlink-yang-baik.html

http://top10seo.blogspot.com/2007/06/get-more-backlink.html

44 comments:

Anonymous said...

hi,

1. apa itu nofollow ?
2. bagaimana mencari blog yang dofollow ?
3. bagaimana kita tahu apakah suatu blog adalah dofollow atau nofollow ?

terima kasih

Anonymous said...

alhamdulillah
Dapat pencerahan baru tentang backlink dan sejenisnya :)
Matur nuwun banyak mazz
Allah sebaik-baik pemberi balazz :)

meds said...

nofollow adalah properties link yang menunjukkan kepada spider web/ search engine untuk tidak mengikuti link tersebut, jadi dianggap tidak ada link.

mencari blog yang komentarnya dibuka, dofollow, saya hanya tahu kalau memakai browser firefox, install add ons firefox yang namanya search site. dengan tool ini, cari highlight nofollow link, nofollow akan dihighlight warna PINK.

U arohwany, thank atas doanya. sukses untuk anda.

Anonymous said...

Dapat add ons firefoxnya di mana ya ? kebetulan pake firefox nih

meds said...

intuk add ons coba kunjungi alamat ini:https://addons.mozilla.org/, lalu search dengan kata kunci "search site". langsung install.

Anonymous said...

blogwalking dan baca-baca cari cara bloging.... blognya bagus dan keren i like blue of indonesia

Anonymous said...

om sumedi aku udah baca comment om di cosa aranda dan di situ, aku bilang kalo aku gi cari backlink solae blognya baru tahnks mas buat link dofollownya.

Anonymous said...

wah informasi yang sangat bagus.. saya baru tau... tapi kalo no follow berarti kita juga nga dapet link ya mas???

meds said...

u romeo, nofollow yang dapat link, tapi menurut 'rumor' dibanyak blogger, tidak dianggap sebagai link, tidak dicrawl oleh spider. Tapi kan tetap ada untungnya, ada kemungkinan di klik.

Anonymous said...

Wah, sedang dicari2 nih website yang nofollow. hehe dapat info dari web mas cosa, trus cabut deh ke blog ini :D
Thanks ya mas

jakjobs said...

Wah mantap juga nih artikelnya
Jadi tau nofollow itu berguna banget yah.

Anonymous said...

Mas kalau link nofollow, itu berarti google mengindeks halaman dalam links tersebut, atau sangat sial: ga indeks & ga ikut dihitung dlm pagerank?

meds said...

menurut petunjuk dari google sih, link nofollow tidak akan diindex oleh googlebot. tapi tetap ada gunanya juga, khan ada kemungkinan di klik oleh visitor. dan terlacak di technorati.

u oka, nofollow dalam blogger sangat penting untuk menghindari sanksi google "suspected" iklan/ link berbayar. jadi kalau ada link tidak ada properties nofolownya bisa di suspect sebagai link berbayar. hati-hati.

kenapa saya melepas rel nofollow? biar banyak yang komentar.lagipula gratis saja kok. manfaatkan buat ujicoba.

Andi Firmansay said...

Met malem mas,cuma mau ngomong aja kalo ulasannya bagus untuk pemula seperti saya ini,thanks..
Met kenal
lickbacknya ya...^_^

Anonymous said...

Backlink ini kadang susah dimengerti. Ada yang abcklink sedikit namun PR tinggi. Namun ada yang backlink banyak tapi PR rendah. Ada kiat tidak yah mas, supaya bisa mendapat link yang berkualitas ? Tks Henny

meds said...

u indonesian article, saya kira faktor kesesuaian tema dan isi sangat penting. selain itu juga popularitas blog yang kita beri komentar. lebih bagus lagi kalau blognya dofollow untuk link komentator. seperti blog ini.

saran saya, rajinlah berkomentar, PR tinggi lebih baik, rendah tak masalah. lebih baik lagi berkomentar pada blog-blog dari banyak negara, jadi referernya banyak, tercatat di banyak local search engine.

hasil: page rank tinggi atau traffick tinggi atau hasil serp yang bagus. ketiganya sama-sama bisa menghasilkan.

Anonymous said...

Susah juga ya. Padahal untuk mendapat klik kita harus promosi kan, padahal ini bisa dikategorikan spam. Bagaimana yang tidak spam, tapi pengunjung tertarik ngeklik link kita di komentar blog orang lain

Anonymous said...

Nice artikel, tapi kalau ubah jadi do follow ga ngelanggar TOS nya blogger kan? thanks

edy said...

thank info no follownya,aku tambah mudeng mas,matur nuwun nggih.

Anonymous said...

mau tahu tips add backlink ? boost pagerank di google atau di alexa ? visit aja ke blog aku di http://EkaSasri.BlogSpot.com

Anonymous said...

get google pagerank, alexa pagerank, add backlink, boost your traffic ?

visit http://ekasasri.blogspot.com

Anonymous said...

artikelnya berguna skali. trima kasih ya.
gimana caranya buat ngganti comment di blog kita dari no jadi dofollow mas?

Anonymous said...

Makasih mas jadi tambah ilmu... blog saya juga follow loh ... klo yg mau cari info ttg nofollow, backlink dan PR silahkan berkunjung.

Anonymous said...

ikutan juga ah,.. blog ane juga follow.. tapi masih baru bro,.. jadi ya... :)

Anonymous said...

biasanya brp lama backlink tsb di index oleh google stlh kita melakukan comment di blog yg dofollow?

Anonymous said...

u simon, menurut pengalaman, 3 hari sudah ke-index, tapi kadang seminggu, ada juga hitungan jam. Index berdasarkan text anchor yang ditulis.

"D WOLVES" said...

Blog nya bagus, tuker link yuk teman2? aku di http://bodybuildingarts.blogspot.com minta saran yah teman2, thanx

Anonymous said...

untuk d wolves, komentar di blog ini telah di-dofollow, silakan berkomentar dan pakai pilihan isian nama dan url, nama dan url blog anda akan terlink di halaman blog ini.

kalau mau melink url blog saya, terimakasih.

Anonymous said...

saya ada sebuah blog dari blogspot, saya lupa dengan apa yang pernah saya lakukan terhadap blog tersebut .. tiba alexa rank naik jadi 9 ? .. padahal isinya hanya rss aja.
sekarang pengin naikin alexa rank utk situs yang lain gak tahu caranya .. gimana ya.

meds said...

u alino,
menurut saya sih blog yg anda sebutkan tersebut alexa ranknya sangat rendah, sehingga tidak diperhitungkan, akhrinya nilai alexa menginduk ke alexa-rank-nya blogger yaitu 9.

saya juga pernah punya blog yang seperti itu, kemudian saya update dan mulai berubah: dari 25 juta, 12 juta hingga ke 2 jutaan.

Anonymous said...

follow sama dofollow sama gk bos

Anonymous said...

u strato, follow = dofollow = no nofollow. tag resminya kan follow. ini dipakai dalam tag, meta name = "robots" content="index, follow" atau "noindex, nofollow" kalau dipakai dalam link menggunakan tag rel=""

Anonymous said...

kalau kita koment di blog nofollow apakah bisa jadi backlink? Kalau bisa, kondisinya yang spt apa? Apakah jika temen lain klik anchor text kita di blog nofollow,
Koment kita disana bisa jadi backlink gak?
Atau gak akan pernah bisa? Tolong jelasin ya, masih bingung nih..

Anonymous said...

u free software, saya kira tetap ada pengaruhnya. Kalau link anda banyak di klik, maka akan terbaca juga oleh search engine sebagai externallink yang berpengaruh. jadi ada kemungkinan dianggap link. Jadi jangan ragu untuk berkomentar di blog manapun, apalagi yang mengijinkan penggunaan nama dan url.

Anonymous said...

urusan ranking alexa bisa diperoleh lebih mudah yaitu dengan rajin blogwalking dan comment..tapi untuk PR dari google nih yang agak susah

meds said...

ternyata betul sekali apa yang ditulis strato, blog ini pernah PR 7, tapi sayapun tak tahi bagaimana bisa terjadi, karena nyatanya sekarang PR 3 dan sulit bukan main untk menaikkannya kembali.

Anonymous said...

blog aku masi PR 0 :"> smoga aja trik ini banyak membantu...

Terimakasih sekali lagi

Anonymous said...

karena kita semua juga sedang belajar, coba-cob aboleh kok. semoga pr segera naik.

andriflicr said...

mas, keRen Artikelnya,, aku cukup banyak copy artikel dari blog stu..
thanx's banget..
sukses bua mamase

nophex said...

bagus banget mas....

Investasi said...

Siip .. kalau link dari blogroll dan link dari kometar di blog do follow, PR sama, efeknya sama atau beda ya mas? thanks

@ BJ Koch

Video Bokep 3gp said...

Backlink memang sangat penting untuk meningkatkan PR, tapi dengan tips dari artikel ini mencari backlink terasa jadi lebih efektif. Thanks!

wicker said...

kalo menurut saya..., backlink yang baik itu ya yang dofollow..., lebih baik lagi kalo dengan anchor text dan semuanya bold dan huruf besar.. jadi update nih mengenai informasi tentang backlink..

Care Indonesia said...

blog nya keren dan informatif...
terus berkarya melalui blogging...

bravo...

Care Indonesia


ekasasri










































































































Care Indonesia