Saturday, August 16, 2008

Selamat Hari Kemerdekaan

Merdeka. Kata yang menggetarkan hati. Kata yang menjadi idaman semua yang merasa terjajah. Merdeka berarti lepas dari penjajahan, mempunyai pemerintahan sendiri. Dari Indonesia untuk Indonesia. Tanggal 17 Agustus 2008, bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-63. 63 tahun Indonesia merdeka.

Generasi saya memang sudah tidak mengalami bagaimana suasana perang dulu, bagaimana hidup di bawah penjajahan. Kita hanya mendengar dari cerita dan buku sejarah. Namun saya yakin, kemerdekaan ini diraih dengan darah dan air mata. Doa, tangisan, harapan isteri, anak yang ditinggal perang. Pengorbanan harta dan milik yang tak ternilai. Pengorbanan akan cinta yang tak bersambung. Pengorbanan jiwa dan raga yang tak terhitung, bahkan banyak yang tak dikenal. Semua, untuk kemerdekaan.

Bagimana mengisi kemerdekaan? Apa sumbangan bagi blogger? Jadilah blogger yang baik. Saya sepakat, untuk ngeblog butuh biaya, jadi sah-sah saja mencari uang dari Internet. Juga bagi sebagian dari kita, ini merupakan peluang, ditengah lapangan kerja yang sulit. Namun, jadilah blogger yang baik, solakukan dengan cara yang baik. Kalau bisa, tarik dolar sebanyak-banyaknya dari luar negeri, kita sumbangkan devisa ke negara.

Waktu sekolah dulu, SD - SMA, tujuh belasan merupakan hari yang ditunggu-tunggu. Akan ada banyak lomba, karnaval, atau pameran. Bagi anak daerah hiburan sepertti itu merupakan hal yang langka. Waktu SD, kami bahkan harus naik sepeda sejauh 5 KM, ke kota kecamatan. Karena disitulah ada keramaian. Macam-macam lomba, yang paling favorit adalah Panjat Pinang. Ada juga pentas kesenian rakyat seprti Ndolalak dan kuda lumping. Waktu SMA, karnaval merupakan acara favorit, ketemu anak-anak sekolah lain. Atau ikut mengawal rombongan sekolah, penggembira.

Apa sih enaknya merdeka? Menurut saya, kita bisa bebas berekspresi. Kita bisa ngeblog dengan bebas, bahkan menyuarakan yang berbeda. Coba kalau masih dalam penjajahan, mungkin bisa ngeblog, namun tetap banyak sensor dan tak bebas. Atau mungkin nasib kita akan seperti beberapa suku aseli seperti aborigin dan indian yang terpinggirkan di negeri sendiri.

Memang kondisi sekarang belumlah ideal, cita-cita proklamasi seperti tertuang dalam UUD 45 belum sepenuhnya tercapai. Namun, kita harus mensyukuri nikmat kemerdekaan. Mari sumbangkan tenaga dan pikiran untuk negara ini. Bekerja dan berbuat sesuai keahlian dan jalur masing-masing. Untuk Kejayaan Indonesia. Kalau anda blogger, jadilah blogger dunia, mari jadikan Blogger Indonesia disegani di dunia. Hacker, web designer, Programmer, internet marketer, SEO-er. Mari tunjukkan kemampuan putera Indonesia melalui dunia Internet.

Viva Indonesia.

No comments: