Thursday, May 22, 2008

Postingan Blog Ini ada yang PR 8

Ketika mengecek salah satu postingan membuat rounded corner di template blogger, saya terkejut ketika mendapati halaman tersebut mempunyai PR 8, padahal blog ini saja PR nya cuma 5. Apakah google sedang eror, atau bagaimana sih menghitung PR?

Beberapa bulan yang lalu blog ini ber PR 7, termasuk blog yang langka. Karena dari jumlah traffic, blog ini masih rendah, jumlah postingan juga rendah, keteraturan posting juga tidak, tapi ber PR 7. Tapi ada berkahnya, alexa yang semula diurutan 2 juta lebih sudah naik ke satu juta lebih. Ini karena saya manfaatkan selama ber PR tinggi untuk promosi, sehingga banyak yang bpenasaran. Ada hasilnya juga.

Tapi heran, blog ini PR 5 tapi kok ada halaman yang ber PR 8? Apakah begitu kecilnya PR halaman tersebut, sehingga PR nya ikut induk blogger? Ada yang tahu gak ya?

7 comments:

Saham said...

Hal ini mungkin karena halaman tersebut lebih populer dibandingkan halaman utama.

Anonymous said...

Halaman tersebut sekarang PR-nya N/A, perkiraan saya, PR-8 itu error sementara, atau program yang digunakan Mas Medi untuk membaca PR lagi error atau tidak akurat.

Saya juga sering menemui plug-in Firefox "Search Status" & "Google Pagerank Status" salah membaca PR. Selam ini yang paling akurat untuk membaca PR adalah plugin resmi dari Google, "Google Toolbar for Firefox" yang bisa didownload di http://toolbar.google.com/firefox/

Mengenai menghitung PR, bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/PageRank
Mengacu pada artikel tersebut, memang sangat mungkin PR sub-page atau posting lebih tinggi dari homepage. Karena PR dihitung berdasarkan jumlah link ke halaman tersebut. Setiap link tidak sama bobotnya. Link yang berbobot tinggi adalah link dari halaman PR tinggi. (Recursif?)

Contoh lain:
http://www.apple.com/ = PR 9
http://www.apple.com/quicktime/download/ = PR 10

meds said...

terimakasih pencerahannya mas oka, mungkin pembaca di firefox saya yang lagi eror. Terimakasih juga penjelasan mengenai PR. jadi tambah tahu juga.

oh ya, bagi pmebaca, kunjungi juga blognya mas oka ini, spesialis wordpress lho.

Anonymous said...

Makasih mas, blog Mas Medi ini juga bagus, saya lihat Mas Medi ini spesialis script, nama blognya aja medscript. Mas Medi ini jagoan ASP & CSS. Top deh!

Anonymous said...

iya tuh bisa jadi programnya lagi eror....kayak punya saya...hahahha..
tp bagaimana yah bisa naek PR nya

indera said...

Bisa saja sebuah halaman akan bernilai lain dalam suatu web/blog... Coba di cek kembali dengan program pembaca PR lainnya

seo, backlink said...

Mungkin aja gan ber pr 8 untuk satu sub. Jadi PR 5 untuk semua blog setelah ditotal kalee.