Thursday, June 28, 2007

Tutorial ASP (1)

Ini tutorial untuk pemula sekali. Bagi yang sudah mahir dalam bahasa pemrograman mungkin seperti anak SMA diajari pelajaran kelas satu SD. Tapi tidak apa-apa, belum tentu semua bisa pemrograman. Dan memang untuk program yang rumit-rumit saya juga belum mampu.

Mengapa saya tertarik dengan pemrograman web, ASP, bukankah sudah ada CMS (Conten Management System) seperti wordpress, blogger, jomlaa, endonesia yang berbasis PHP, atau Bpblog yang berbasis ASP.Net? Semua bagus-bagus dan handal. Fitur lengkap dan mudah instalasinya. Tapi tentunya membuat karya sendiri lebih puas dari sekedar memakai yang sudah jadi. Kita jadi tahu, script apa yang dipakai untuk menampilkan halaman berita, untuk login, upload tulisan, input buku tamu, kalender, dan lain-lain.

Apa itu ASP? ASP singkatan dari Active Server Page, adalah aplikasi pemrograman web keluaran Microsoft. Dalam halaman WEB terdapat dua macam program yang berjalan, browser (Internet Explorer, Mozila, Opera, dll) yang menerjemahkan kode-kode HTML sehingga mejadi tampilan yang enak dipandang. Untuk sekedar menampilkan halaman yang indah, HTML saja cukup. Namun untuk menangani halaman yang aktif, dinamis, ada interaksi antara pengguna dan mesin, maka diperlukan satu pendukung. Untuk tugas ini ada beberapa pilihan, ASP, PHP, maupun Perl, dan Java.

Karena saya baru bisa ASP, maka dalam artikel ini kita hanya membahas ASP. ASP secara defaultnya menggunakan VBScript, anak dari Visual Basic. Jadi yang sudah familiar dengan VB, belajar ASP terasa mudah.

Untuk menjalankan ASP, kita butuh server, entah itu server internet (hosting) atau server di computer kita, IIS (Internet Informattion Service). Sebelum membuat aplikasi, install dulu server IIS, yang ada dalam CD, add or remove windows component. Cek ASP.

Untuk mengetahui apakah server kita sudah jalan, ini contoh dasar ASP

<%
response.write “<p>ASP Pertama</p>”
%>


simpan dengan nama asppertama.asp simpan di directori: “c:\inetpub\wwwroot\ ,” kemudian test di browser. Buka IE atau Mozila ketikkan: http://localhost/asppertama.asp
kalau server bekerja maka akan muncul tulisan yang sudah kita buat:

ASP Pertama

Anda sebaiknya juga mendaftar di hostingan gratis, jadi setelah script berjalan di komputer, di test juga di hostingan, jalan atau tidak. Karena pada awal belajar kendalanya adalah kebingungan, padahal ASP kesalahan sedikit saja bisa terjadi eror. Juga sering script sudah berjalan di computer tapi di hosting eror. Ini beberapa hostingan gratis: www.brinkster.com,
www.domaindlx.com, www.websamba.com.

Saya merekomendasikan brinkster dan domaindlx. Yang paling bagus sebenarnya brinkster, tanpa iklan, tapi kapasitasnya hanya 15 mb, kalau domaindlx seperti yang saya punya, kapasitasnya 100 mb. Lumayan, buat latihan.

Cara kerja ASP
Script-script Asp di eksekusi di server, kemudian dikirimkan ke computer client dan ditampilkan browser. Jadi yang terlihat di browser hanya kode-kode html penyusun halaman. Berbeda dengan script di client, kalau di view akan kelihatan script yang ada. Kelemahannya bisa dimanfaatan orang untuk menghack halaman kita. Atau mematikan fungsi script, yaitu dengan menghapus script.

[bersambung di tulisan berikutya]
kalau ada yang punya pertanyaan atau tanggapan, langsung ke guestbook saja, atau email: satvica77@yahoo.com

referensi script asp: www.azimat.net

11 comments:

Anonymous said...

Thanks atas tutorial dan infonya. Jika mas memiliki website atau blog, mas bisa daftarin di DetikAds Directory
Mungkin Mas bisa beritahu kepada rekan-rekan lainnya. Thanks sebelumnya

Anonymous said...

Kalo bisa mas, tutorialnya di bikin dengan contoh kasus :-)

Anonymous said...

senang ya belajar ASP kirim donk ke E-mail saya contoh programnya...
maniez_juni@yahoo.co.id

Anonymous said...

tutorialnya sangat user friendly. terima kasih mau berbagi ilmu :-)

Anonymous said...

Tutorial untuk membuat Blog dengan ASP.Net ada ga? Bagi-bagi ilmu dunkz..

meds said...

u anonymous, untuk belajar blog dengan asp.net langsung saja ke websitenya, biasanya ada forum. untuk indonesia belum ada.

anda bisa ke blogengine.net (dotnetblogengine.net), subtext, commmunity server, atau mojoportal. Forum ada di codeplex.com.

Anonymous said...

bahas lebih banyak lage.. asp.net nya.... smoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat ... dan mendapatkan pahala yang besar ^_^

d_ny_tok said...

SALUT DENGAN BLOG NYA DENGAN KAYA ILMU JALIN KOMUNIKASI TERUS UNTUK MEMBESARKAN BLOG

Tutorial Blog said...

mana lebih bagus kalo dibandingkan dg PHP?

meds said...

Kalau bagus atau tidak sih relatif. ASP, sekarang dengat .net adalah teknologi windows, yang berbayar. Beda dengan PHp yang opensource.

PHP cepat berkembang dan populer karena banyaknya bahan tutorial. Sekarang era opensource, PHP wajib lah. Tapi mau yang comercial, asp.net bagus. mumpung masih bisa instal windows bajakan.

KVM Switches said...

It is a good blog, When I was reading it, I get drawn in. I am totally agreed with your thoughts. Thanks for sharing this beautiful thoughts with me.